Mamie's Blog Renungan Be yourself

Be yourself

Lady Gaga adalah bukan idola semua orang tapi apa yang telah diraihnya bisa memotivasi pribadi-pribadi yang lain dalam mengejar impian.

Saya juga bukan penggemar fanatik Lady Gaga, tetapi beberapa karyanya sudah saya nikmati dan membuat hati saya menjadi riang, dia berhasil menghibur saya. Tetapi dia memang bukan artis biasa, terkadang apa yang dilakukannya sangat kontroversial. Khususnya dari cara dia berpakaian dan bersikap. Baginya aktualisasi diri itu tidak merupakan platform dari orang kebanyakan. Dan itulah yang membuat dia unik dan mudah untuk dikenali.

Saya masih ingat ketika dia menjadi bahan olok-olokan saat berpenampilan di Sunday’s Super Bowl di Houston tahun 2017 silam. Tidak seperti artis kebanyakan, malam itu Lady Gaga tampil dengan timbunan lemak yang berada di perutnya yang menjadi perhatian netizen. 

Seperti biasa, netizen dengan kebebasan seluas-luas yang dimilikinya, dengan mudah dapat mengeluarkan pendapat yang kadang sampai tak menghiraukan bagaimana orang lain menerima pendapat tersebut. Perut yang jadi celaan, karena tidak dianggap umum seperti yang diharapkan dari penampilan selebriti wanita dengan perut rata dan berotot. Karena pembicaraan itu Lady Gaga membuat pernyataan di Instagram-nya. “Aku ingin mengatakan bahwa aku bangga dengan tubuhku, dan kalian harus bangga dengan tubuh kalian juga”.

Yang sangat sering kita alami adalah membuat diri kita tenggelam dalam ‘keinginan’ masyarakat. Baik dan buruk seakan sudah terpola. Ini yang terkadang membatasi diri kita berekspresi. 

Belum lagi bisa depresi, hanya karena orang-orang dengan pendapatnya sendiri menghakimi pribadi kita. Sangat disayangkan jika terjadi. Pribadi adalah milik diri sendiri. Apapun yang dipikirkan dan ditasakan adalah hak prerogatif. Kecuali jika sudah berinteraksi dengan orang lain, tatanan sosial memang dibutuhkan. 

Percaya atau tidak penentuan cita-cita pun diatur para orang tua kita dan lingkungan. Sedari kecil kita punya beberapa cita-cita yang umum, jadi dokter, insinyur, tentara atau polisi. Seakan-akan jika tidak memilih salah satu dari itu kita tidak dianggap sukses. Mungkin juga Lady Gaga menentukan impian menjadi artis karena platform ini. Tetapi dia punya cara tersendiri untuk meraihnya

Dan di tahun ini, Lady Gaga memenangkan Golden Globe yang menjadi dambaan setiap artis. Karyanya dalam menciptakan lagu yang menjadi sountrack dari film A Star is Born membuat penghargaan ini menjadi kali kedua setelah di tahun 2016 dengan kategori yang berbeda.

Saya selalu kagum jika seseorang mampu menjalani hidupnya dengan ‘berbeda’ dan dia menikmatinya. Semakin dia bereksplorasi semakin uniklah dia. Saya mungkin terlambat menyadari ini, tetapi saya tetap bersyukur karena ini yang bisa saya terapkan ke anak-anak saya. Satu yang tidak lelah saya ingatkan adalah jadilah pribadi yang bermanfaat bagi orang lain. Itu saja. Selebihnya silahkan mengeksplorasi apa yang menjadi keinginan dan bisa membuat diri sendiri merasakan kebahagiaan.

ReplyForward

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *