Antara Sendal dan Sepatu

Kadang penampilan jadi acuan, tapi acuan pun kadang berubah,

tergantung …

——
Suatu waktu saya ada urusan di kantor walikota Makassar. Saat itu memang saya meminta waktu agar bisa bertemu dengan pak Walikota untuk  menjelaskan beberapa kegiatan LUGU, Komunitas Pencinta Linux di Makassar

Dengan birokrasi yang berbelit-belit akhirnya saya mendapatkan jadwal untuk bertemu. Itupun saya mengusahakannya melalui beberapa jalur, berharap kemungkinannya bisa lebih besar. Jalur protokoler pribadi, jalur wartawan yang bertugas di kantor walikota, jalur humas bahkan jalur keluarga, semuanya dicoba.

Hampir dua minggu saya menunggu dan mengusahakan terus menerus untuk kesempatan itu. Dan akhirnya moment yg ditunggupun tiba. Saya mendapat sms dan diberikan waktu untuk bertemu.

“Ibu bisa ke kantor walikota sekarang untuk audiens?” , begitu sms dari protokoler walikota. Waktu itu kebetulan saya di tempat gym yang sudah jadi kegiatan rutin pagi hari, beruntung baju ganti yang saya bawa tergolong formal.

Setiba di kantor walikota saya duduk menunggu. Tidak jelas waktu dan urutannya. Kita memang harus sabar karena tiba-tiba saja bisa ada tamu lain yang menyalib. Bagi saya tidak masalah, saya sudah merasa ada progress

image by google

“Bu, bisa ganti sendalnya? Gak boleh menghadap kalau pake sendal bu”

Tiba-tiba bapak yang bertugas mengatur tamu itu menegurku, pantasan sedari tadi dia memandang terus ke arahku.
Heh?  Pak, ini bukan sendal biasa, ini sendal cantik dan berhak tinggi. Jawabku membela diri tapi sepertinya cuma suara dalam hati,  yang terucap justru;

“Duh bapak, saya gak bawa sepatu. Gimana dong”, jawabku memelas

“Yah pokoknya ibu ganti, nanti saya undur lagi waktunya”

Hmm sepertinya tidak bisa lagi bernegosiasi.

Sebenarnya saya berpikir apa yang salah dengan sendal cantik ini, tapi sudahlah saya harus menghormati aturan atau sistem yang diterapkan, kembali saya harus bersabar.
Karena tidak mungkin pulang ke rumah akhirnya saya berlagak borju, yang penting ada uang beli saja.

Akhirnya saya diterima kembali  dengan sapaan dari bapak itu.  “Nah gitu dong bu”, saya membalasnya dengan senyum secantik sepatu baruku.

Dengan sepatu inikepercayaan diriku bertambah. Saya tinggal menunggu giliran sambil berkonsentrasi dengan bahan yang akan saya sampaikan.
Tetapi tiba-tiba saya kaget dan terdiam. Seorang ibu, yang juga tamu, dengan santainya melenggang keluar dari ruangan pak walikota dengan memakai sendal, yang tidak lebih “sopan” dari sendal yang saya pakai tadi.

Loh.. Pak..?

Akhirnya saya  cuma bisa terdiam dan menatap bapak itu penuh arti.

Mungkin memang tidak adil, tapi yang pasti saya jadi punya sepatu baru.

 

88 thoughts on “Antara Sendal dan Sepatu

  1. hahaha..
    sendal memang tergantung siapa yang pake sih ya..
    kalo Bang Hasan pake sandal, menghadap walikotapun pasti ndak dilarang..

    tapi coba kalo kita pake sepatu sepatu bola, biarpun pake jins dan baju kemeja licin pasti tetap dilarang ketemu Walikota di kantornya..

  2. hahaha..
    sendal memang tergantung siapa yang pake sih ya..
    kalo Bang Hasan pake sandal, menghadap walikotapun pasti ndak dilarang..

    tapi coba kalo kita pake sepatu sepatu bola, biarpun pake jins dan baju kemeja licin pasti tetap dilarang ketemu Walikota di kantornya..

  3. aduuh, saya penasaran dengan tanggapan bapaknya itu bu? setelah ibu menatap penuh arti lalu bagaimana tanggapan si bapak? apakah menjelaskan sesuatu atau tidak merasa bersalah sama sekali atau bagaimana bu?…

    1. saya tidak paham lagi, apa mungkin beliau merasa atau karena sudah keseringan jadi dianggap biasa
      yah.. semoga gak ada lagi diskriminasi yang gak jelas alasannya, tapi mulai sekarang saya memang membiasakan memakai sepatu walaupun butut tidak secantik sendalnya ^^, Thanks yah sudah mampir 🙂

  4. aduuh, saya penasaran dengan tanggapan bapaknya itu bu? setelah ibu menatap penuh arti lalu bagaimana tanggapan si bapak? apakah menjelaskan sesuatu atau tidak merasa bersalah sama sekali atau bagaimana bu?…

    1. saya tidak paham lagi, apa mungkin beliau merasa atau karena sudah keseringan jadi dianggap biasa
      yah.. semoga gak ada lagi diskriminasi yang gak jelas alasannya, tapi mulai sekarang saya memang membiasakan memakai sepatu walaupun butut tidak secantik sendalnya ^^, Thanks yah sudah mampir 🙂

    1. Memilih pemimpin yang adil tanpa kepentingan memang susah, tapi tetap harus optimis kan. Thanks sudah berkunjung dan kasih komen 🙂

    1. Memilih pemimpin yang adil tanpa kepentingan memang susah, tapi tetap harus optimis kan. Thanks sudah berkunjung dan kasih komen 🙂

  5. Pingback: Hunter898
  6. Pingback: Casino Online
  7. Pingback: lawyer phuket
  8. Pingback: bonanza178
  9. Pingback: sidegra
  10. We’re a group of volunteers and opening a new scheme in our community.
    Your website offered us with valuable information to work on. You have done a formidable job and our entire community will be grateful to you.
    I saw similar here: Sklep online

  11. Good day! Do you know if they make any plugins to assist with
    Search Engine Optimization? I’m trying to get my blog to rank for some targeted keywords but I’m not seeing very good success.
    If you know of any please share. Cheers! You can read similar art here: Sklep online

  12. Hello! Do you know if they make any plugins to assist with SEO?
    I’m trying to get my site to rank for some targeted keywords but I’m not seeing very good results.
    If you know of any please share. Thank you! I
    saw similar text here: Auto Approve List

  13. I strongly recommend to avoid this platform. My own encounter with it was nothing but disappointment as well as concerns regarding fraudulent activities. Proceed with extreme caution, or better yet, look for a more reputable platform to fulfill your requirements.

  14. I urge you steer clear of this site. The experience I had with it was purely frustration along with suspicion of scamming practices. Exercise extreme caution, or alternatively, find an honest service for your needs.

  15. I highly advise to avoid this site. The experience I had with it was purely disappointment as well as suspicion of deceptive behavior. Proceed with extreme caution, or better yet, look for an honest service for your needs.

  16. I urge you steer clear of this platform. The experience I had with it was only frustration and suspicion of scamming practices. Proceed with extreme caution, or better yet, find an honest platform to meet your needs.

  17. I strongly recommend steer clear of this platform. The experience I had with it has been nothing but frustration along with suspicion of deceptive behavior. Exercise extreme caution, or alternatively, find an honest service to fulfill your requirements.

  18. I urge you stay away from this platform. My personal experience with it was nothing but disappointment along with concerns regarding deceptive behavior. Exercise extreme caution, or alternatively, look for an honest platform to fulfill your requirements.

  19. I strongly recommend steer clear of this site. The experience I had with it was nothing but disappointment as well as suspicion of fraudulent activities. Be extremely cautious, or even better, find a trustworthy platform to meet your needs.

  20. I strongly recommend to avoid this platform. The experience I had with it has been only disappointment as well as suspicion of deceptive behavior. Proceed with extreme caution, or alternatively, look for a trustworthy site to fulfill your requirements.

  21. I strongly recommend to avoid this site. My personal experience with it has been purely dismay as well as doubts about fraudulent activities. Proceed with extreme caution, or better yet, look for a more reputable site for your needs.

  22. I highly advise stay away from this platform. My own encounter with it has been purely dismay and concerns regarding fraudulent activities. Proceed with extreme caution, or alternatively, look for an honest site to fulfill your requirements.

  23. I urge you steer clear of this site. My own encounter with it was nothing but disappointment along with doubts about scamming practices. Proceed with extreme caution, or alternatively, look for a more reputable service for your needs.

  24. I urge you stay away from this site. My own encounter with it has been nothing but dismay and suspicion of deceptive behavior. Proceed with extreme caution, or better yet, find an honest site to meet your needs.

  25. I strongly recommend stay away from this site. My own encounter with it was nothing but disappointment as well as suspicion of fraudulent activities. Be extremely cautious, or even better, look for a trustworthy platform to meet your needs.

  26. I highly advise stay away from this platform. The experience I had with it was purely frustration as well as concerns regarding fraudulent activities. Proceed with extreme caution, or alternatively, look for a trustworthy site for your needs.

  27. I urge you steer clear of this platform. The experience I had with it was only dismay as well as concerns regarding scamming practices. Exercise extreme caution, or better yet, seek out an honest service to meet your needs.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *